Selasa, 24 November 2009

TAHAP I. PEMFITAL XXVII

Materi Kelas
Materi Kelas dilaksanakan pada sabtu dan minggu (tgl 14 & 15 Nov 09) dengan diikuti oleh 27 peserta yang datang silih berganti dan ujung-ujungnya tetap ada yang susulan. Ckckckc. Para peserta dibekali oleh sebuah Modul atau Diktat Pemfital BRAMATALA yang berisi pengetahuan dasar Gunung Hutan. Tidak banyak yang dapat yang dapat dituliskan disini, sesuai dengan kegiatannya yang bersifat SERIUS dan TEORITIS. hehe


Materi Lapangan
Tanggal 21-22 Nov 09 Sekre BRAMATALA menjadi tempat istirahat untuk para panitia yang berangkat pukul 07.00 Wib menuju lokasi materi lapangan di daerah Parongpong, Lembang. Kegiatan materi ini di ikuti oleh sembilan orang peserta (yang lain mana? Berhalangan. Biasa…). Walau cuaca kurang mendukung dengan sedikit gerimis, tetap terlihat semangat di setiap peserta untuk mengikuti kegiatan ini. Canda tawa dan gurauan mengisi suasana malam yang dingin dan api unggun yang besar menjadi lapak untuk berkumpul sambil menikmati jagung bakar dan sosis panggang.

Pagi harinya, kegiatan dimulai dengan olahraga lalu disuguhi dengan bubur kacang hijau hangat. Beristirahat sejenak lalu dilanjutkan, mulai dari Resection & Navigasi. Peserta dibagi menjadi 3 tim walau masih ragu dalam melakukan materi tetapi mereka tetapberusaha mencoba walau ragu. Setelah Navigasi usai, dilanjutkan dengan materi SAR (Search and Rescue) calon dibagi menjadi 2 tim terlihat dari tiap – tiap peserta untuk segera ingin menyelamatkan korban walau hujan membasahi diri mereka. Setelah selesai melakukan Navigasi dan SAR waktunya makan siang dan istirahat sakedeng.

Setelah usai beristirahat, kegiatan dilanjutkan dengan materi PK (Penyebrangan kering) hujan mengguyuri tetapi semangat tidak menyerah untuk mencoba sampai finish dan berfoto riang di tengah penyebrangan. Setelah semua mencoba, kegiatan selanjutnya yaitu THAB (Teknik Hidup Alam Bebas) mulai dari pembuatan bivak, para – para, pembuatan api, Botani dan Zoologi. Mulai dari pembuatan bivak para peserta dibagi menjadi 2 tim dan hasilnya “lumayan” untuk pemula namun mereka tidak lupa dari syarat-syarat pembuatan bivak. Materi Botani dengan mencoba tumbuhan survival, lalu zoologinya para calon mencoba belalang dan jangkrik bakar sampai membersihkan cacing sondari yang dapat dikonsumsi. Setelah semua kegiatan terlaksana waktunya pulang, tak lupa untuk berdoa dan BRAM……!!!!!!


"Ucup Cadas Jenggala"

Tidak ada komentar: