Jumat, 08 Juli 2011

Latihan penggunaan alat komunikasi Radio HT (handy transceiver)

Rabu tgl 1 juni 2011, Dimana hari itu kami mengikuti latihan gabungan atau biasa di singkat dengan LATGAB . Latgab kali ini adalah Latihan penggunaan alat komunikasi yang berupa radio. Dan bertempat di daerah Carambi.Dari Bramatala sendiri yang mengikuti Latihan gabungan Alkom ini berjumlah 7 orang yaitu :

1 .Adi kuya _ TP 082406-B sebagai Basecom

2.Azie rachman siddik _ CB 102701-B sebagai peserta

3 Deasy Nurmalasari F _ CB 102704-B sebagai peserta

4.Indra karismandia _ CB 102705-B sebagai Sweeper

5.Yolanda ­_ Cahya Belantara sebagai peserta

6.Claudio _ Kicau Rembulan sebagai peserta

7.Lugra ­_ Kicau Rembulan sebagai peserta

Pukul 14:25 Wib, Ka Kuya dan Indra berangkat mendahului kami (Azie, Ecy,olan,dan Lutung ) mereka berdua berangkat terlebih dahulu dikarenakan mereka adalah panitia di latihan gabungan kali ini, pada pukul18:55 Wib, Kami mulai bersiap-siap untuk berangkat, sambil menunggu salah satu anggota yang belum datang. Dan pada pukul 20:45 Wib kami berangkat menyusul ka kuya dan indra ke lokasi Latgab, Sebelum kami berangkat ada salah satu anggota mapala dari Himapa(univ.Sanggabuana) menghubungi kami (Bramatala) untuk berkumpul terlebih dahulu di Himapa sebelum berangkat ke lokasi, dan kamipun menuju ke sekretariat Himapa. Tiba di Himapa ternyata sudah ada beberapa tim dari Mapala lain seperti Gempar(Poltekpos) dan Mapaligi(Unikom) yang ikut berkumpul di sekretariat Himapa Universitas sanggabuana untuk berangkat ke lokasi Latgab , pukul 22:00 Wib kami mulai berangkat menuju ke lokasi latgab yang bertempat di Careumbi.
setiba di lokasi pukul 23:30 Wib kami mulai berkenalan dengan tim yg sudah lebih dulu tiba disana, kemudian kami mendirikan tenda untuk beristirahat.

Hari pertama Kamis ,2 juni 2011 pukul 05:25 Wib semua peserta termasuk kami mulai bersiap-siap untuk melakukan kegiatan. Pada pukul 08:00 Wib semua peserta di kumpulkan di lapangan yang lokasinya sangat luas dan terdapat aliran air sehingga memungkinkan untuk melihat pemandangan yang cukup bagus dilokasi tersebut. Sekitar pukul 09:30 Wib pembukaan Latgab dimulai dan panitia membagikan kami kelompok baru. Setelah kelompok terbagi Pak Omen mulai memberikan kami materi penjelasan penggunaan alkom. Mulai dari nama alat, cara penggunaan dan perawatan alkomnya sendiri. Setelah itu panitia kembali memberikan kami titik koordinat wisma dan cekpoint masing masing kelompok untuk membuat camp nantinya.

Dari Bramatala sendiri Azie masuk dalam kelompok 3a, Ecy kelompok 2a, Olan kelompok 2b, Lugra 1b, Dio 1a. masing masing kelompok ada 7 orang, dengan terpisahnya kami (Tim Bramatala) dari tim inti maka kami harus berbaur dengan kelompok baru kami, saling lebih mengenal antara 1 dengan yang lain di kelompok kami masing masing.

Setelah itu tiap kelompok mulai menyebar mengikuti titik koordinat wisma dan cekpoint yang telah di berikan panitia. Secara peribadi saya Yolanda tim 2b setelah kelompok saya tiba di camb, kelompok saya bertemu dengan kelompok 2a kelompok Ecy ternyata chekpoint kami sama hanya koordinat kami yang beda sehingga jalur kami sewaktu jalan berbeda.

Kami mulai berbagi tugas, ada yang mencari kayu ,ada yang masak, mendirikan tenda dan plysheet dan memasang alkom kami seperti yang telah di ajarkan Pak omen kepada kami, bisa di katakan memasang alkom cukup gampang gampang susah, setelah pembagian tugas kami selesai, kami pun mulai mencoba alkom tersebut untuk mengabari bascamp bahwa tim kami sudah tiba di chekpoint dan telah memulai pergerakan. Kami juga coba menghubungi kelompok-kelompok lain untuk saling bertannya kabar ,dan kondisi masing-masing tim pada saat itu. Setelah itu masakan pun selesai dan kami makan bareng.

Setelah makan bersama kami pun mulai duduk santai di depan api unggun yang sudah di nyalakan dan saling berbaur dan bercengkrama antar peserta kelompok yang belum kami kenal , bercerita banyak mulai dari awal kenapa ikut mapala dan pengalaman diksar .Setelah bercerita banyak di antara kami pun ada yang mulai beristirahat dan masi ada juga yang bercanda di dekat api unggun.

Hari ke dua Jumat tgl 3 Juni 2011 masing masing antar kelompok di satukan seperti kelompok 1a dan 1b di gabung begitu juga dengan kelompok 2a,2b & 3a,3b di gabung menjadi kelompok 1, 2, dan 3. Sekitar pukul 08:55 Wib Kelompok 2 sudah selesai makan pagi,membongkar tenda ,dan beres packing dengan begitunya kami harus kembali mulai mencari titik koordinat bascamp gabungan yang sebelumnya sudah di berikan kepada kami. Awal perjalanan kami kembali melalui jalan setapak dan semakin jauh arah titik koordinat kami mengarahkan kalau kami mulai untuk masuk ke hutan dan menelusuri lembah dan punggungan gunung. kami sangat semangat karena dalam kelompok tidak lagi hanya 7 orang tapi sudah 14 dengan di satukannya kelompok kami. Sekitar pukul 13:00 Wib kami kelompok 2 dari tim Bram Olan dan ecy tiba di lembahan Puncak Sinulang . di lokasi basecamp gabungan kami bertemu Azie dari kelompok 1 yang sudah duluan tiba di punggungan Puncak Cinulang bersama kelompoknya, namun cukup lama kami menunggu kelompok 3 yang 2 diantara kelompok 1 tersebut adalah adik angkatan kami dari Bram mereka adalah Dio dan Lugra, karena lamanya tersebut kami pun mencari tau dan ternyata dari informasi yang kami dapat melalui Radio bahwa kelompok 1 nyasar ke gunung sebelah yaitu gunung Cikarenjeng.

Sekitar pukul 18:00 Wib kelompok 1 tiba di Puncak Sinulang dan harus ngecamp disana di karena kan keadaan lokasi mulai berkabut dan para peserta di kelompok 1 mulai kelelahan karena di guyur hujan pada saat perjalanan mencari koordinat Camp gabungan. Pada saat membangun Camp sementara 1 dari peserta kelompok tersebut yang bernama Veny mapala Himapa jatuh pingsan dan beruntungnya kelompok cepat tanggap dan melakukan pertolongan kepada korban namun pada saat melakukan pertolongan kepada korban justru Ojol Sispala justru mengalami sesak nafas yang penyakit bawaan nya mulai kambuh. Melalui radio kami cukup prihatin mendengarinformasi keadaan kelompok 1 dengan begitunya Tim sweeper dan beberapa anggota menyusul ke basecamp kelompok 1 membawa obat.

Malam itu terasa cukup panjang bagi kami semua karena di guyur hujan kembali, karena repot untuk memasak, dan api unggun kami hampir padam dan takut jika alkom kami tidak dapat digunakan, namun dengan pemasangan yang benar kami bisa menggunakan alkom kami dengan jaringan yang tetap bagus dengan adanya RADIO kami bisa saling bercanda gurau dan saling menghibur antar kelompok lain, terlebih bagi kelopmpok 1 yang jaraknya lumayan jauh dari kelompok 2 dan 3 yang telah bergabung di basecamp gabungan. Setelah makanan selesai kami mulai makan malam bersama kembali di malam ke 2 tersebut.

Hari ke 3, sabtu tgl 4 juni 2011 hari terakhir bagi kami seluruh peserta dalam rangkaian Latgab kali ini, pagi itu kami memulai aktivitas kami seperti biasa, ada yang masak, mencari air ,mencari kayu yang sudah mulai berkurang. Di pertengahan kegiatan kami kelompok 1 pun tiba di basecamp gabungan,dengan ucapan syukur kami membagikan makanan kami yang sudah siap saji kepada kelompok 1 yang sempat kesasar. Tiap tiap kelompok pun mulai makan masing masing bersama anggotanya setelah makan siang kami berbaur antar semua kelompok kami berbincang bincang penyebab mereka kesasar dan yang pastinya tidak lengkap tanpa candaan jika para Mapala berkumpul.

Sekitar pukul 14:25 Wib para komandan regu di berikan arahan untuk berkumpul dan menjelaskan bagaimana keadaan kelompok kami masing masing mulai dari kesehatan, perlengkapan Logistik dan persediaan makanan yang kami miliki, 1 kejadian yang sangat lucu dan lumayan membanggakan untuk kami Tim yang berangkat dari Bramatala-UTama, karena 3 orang dari Tim Bram di tunjuk untuk menjadi komandan regu kelompok dari Latihan gabungan ini mereka adalah Dio,Olan dan Lugra, hal lucunya Karena tiap Danru di perintahkan untuk berkumpul kami bertiga bertemu lagi dan saling senyum melihat tingkah laku kami sebagai komandan regu yang masih sama-sama belajar bagaimana menjadi sosok seorang pemimpin.

Pada saat itu juga Pak Omen dan para panitia memberitahukan kepada kami bahwa akan ada malam tambahan di basecamp (pondok tempat awal kami berkumpul) jika kami masi ingin tinggal dan telah di sediakan transportasi juga kepada para peserta yang ingin langsung pulang, setelah laporan dan informasi tersebut kami pun berembuk dengan kelompok kami masing-masing. Dari hasil perembukan ada beberapa dari anggota tiap kelompok yang ingin pulang dengan begitunya kami pun packing dan mulai turun ke bawah bersama-sama ke pos awal . Sekitar pukul 17:00 Wib kami sampai ke pos basecamp awal, dengan hati gembira kami pun saling berjabat tangan dengan para peserta yang akan pulang.

Di lanjutkan dengan acara selanjutnya yaitu ada yang mandi, ada yang masak masak, sholat, bermain bola, naik sampan, foto-foto hingga berkumpul bercanda antar sesama mapala se-Jawa barat.

Pukul 21:00 Wib kami pun berkumpul setelah menghadiri undangan acara penutupan anak Kmpa(ITB) yang telah melakukan praktek lapangan di desa Carambi tersebut. Saat itu kami melakukan perbincangan antar sesama mapala tentang kesan dan pesan tersendiri terhadap latihan gabungan kali ini yang pelaksanaannya atau di tuan rumah dari SAR. Begitu banyak kesan yang di uraikan dari masing masing peserta dan point yang kami peroleh dari Tim Bramatala sendiri yaitu:

1. Bagaimana menjalin kerjasama antara 1 kelompok yang baru saja bertemu

2. Meningkatkan rasa kepekaan antar peserta yang 1 tim

3. Saling berbagi pengalaman dan pengetahuan antar pribadi dan sesama Mapala

4. Belajar Alat komunikasi Radio HT bersama

5. Bisa menambah teman dan sodara sesama Mapala se-Jawa barat

Selain itu begitu banyak pesan dan keinginan yang di lontarkan para peserta untuk kegiatan latgab tahun 2012. Dan penutupan pun di laksanakan dengan penunjukan tuan rumah baru untuk latgab 2012 nantinya. Meskipun bukan Surprise lagi tapi kami tetap bersyukur dan bangga karena Bramtala di tunjuk menjadi tuan Rumah pelaksana Latihan gabungan tahun 2012. Dengan senyum manis Diklat kami Azie CB 102701-B dan jabat tangan dari SAR, Reza sebagai ketua pelaksana Latgab 2011 dari, Bramatala pun Resmi menjadi taun rumah Latihan gabungan 2012.

Selesainya penutupan Latihan gabungan kali ini membuktikan bahwa Latgab dapat mempererat tali si laturahmi dan pengetahuan Mapala akan alat komunikasi. Malam semakin larut masing masing pesertapun mulai beristirahat di tenda dan plysheet yang telah didirikan bersama.

Minggu 6 juni 2011 kami pun mulai packing untuk kembali ke sekretariat kami masing-masing tak lupa pun kami kembali berfoto bersama. Dan pukul 14:00 Wib kami dari tim Bramatala tiba di sekretariat Bramatala.