Kamis, 03 Mei 2012

MABIM DIVING ARKA WANA

MABIM DIVING ARKA WANA

Masa Bimbingan (Mabim) bagi anggota muda BRAMATALA UTama kembali berlanjut. Kali ini kami angkatan 29 Arka Wana mengikuti Mabim Diving. Tepat tanggal 31 Januari setelah evaluasi besar (EB) Mabim Caving, kami membentuk kepanitiaan baru untuk Mabim diving ini. Dari hasil rapat tersebut terbentuklah tim yang terdiri dari :
Ketua             : Nur herdiana
Sekretaris     : Irianti
Bendahara   : Agus Septian Heryanto
Divisi Logistik      : - Okky Tryana, Santa Clara
Divisi Konsumsi  : - Noventa Fransisca , Bindaryo Hartas Dwi Nurseto     
Divisi Danus :-Ghassani Zahara Hendana, Rizki, Cut Intan Hayaturrahmi, Efa Fauziah                                            Anwar Khoerudin                                   
Divisi Transportasi : - Ahmad Ridwan Muhibbudin, Mardika Giwo Prabowo
Divisi P3K                 : - Novita Sari Sudrajat                      
Divisi Pubdok          : - Patricia Rachim
Pembimbing kami pada Mabim Diving angkatan kami kali ini adalah :
-Mike                     - Harry                  - Indra
Setelah  terbentukya struktur tim tersebut lalu kami membuat agenda kegiatan untuk Mabim Diving ini. Waktu yang diberikan Dewan Pengurus Bramatala UTama untuk Mabim Diving adalah 9 hari terhitung dari tanggal 31 Januari 2012 hingga tanggal 9 februari 2012. Adapun agenda kegiatan kami selama Mabim diving adalah sebagai berikut :

Tanggal
Kegiatan
1 Februari 2012
Materi
2 Februari 2012
Renang/Pelatihan
3 Februari 2012
Renang/Pelatihan
4 Februari 2012
Latihan fisik
5 Februari 2012
Renang/Pelatihan
6 Februari 2012
Materi
7 Februari 2012
Latihan fisik
8 Februari 2012
Renang/Pelatihan
9 Februari 2012
Evaluasi Kegiatan

Tanggal 1 Februari 2012 hari Rabu pukul 19.00 kami para anggota muda Bramatala UTama berkumpul di second homeuntuk menerima materi kesatu dari para pembimbing kami. Materi pertama ini kami mempelajari mengenai :
-Sejarah & organisasi diving                                   - Motto diving
- Jenis & perlengkapan diving                                 - Penyakit-penyakit dalam penyelaman
- Persyaratan kesehatan penyelaman                    - Prosedur Buddy System & Bouyancy
       Ketika materi kami sangat antusias terhadap materi yang diberikan, dan membuat kami mulai paham apa dan bagaimana kegiatan diving itu sehingga kami menjadi penasaran untuk bersegera melakukan pelatihan diving.
       Tanggal 2 Februari 2012 hari Kamis pukul 13.00 kami mulai melakukan pelatihan pertama di Gelanggan Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan tiket masuk Rp. 7000/orang. Sebelum memulai renang kami melakukan pemanasan terlebih dahulu dan lari mengelililngi kolam renang sebanyak 5 kali. Pada latihan atau renang pertama ini kami mempelajari tentang equalizingyaitu suatu teknik untuk memperbesar rongga paru-paru agar dapat beradaptasi dengan tekanan didalam air. Tekniknya adalah dengan menarik nafas diatas permukaan dan membuang nafas didalam air melalui mulut. Equalizing ini kami lakukan sebanyak 30 kali secara berturut-turut. Dan selebihnya kami memfokuskan pada kemahiran renang kami masing-masing. Renangpun berakhir pukul 16.30 dan kami pun kembali ke sekre Bramatala untuk melakukan evaluasi kegiatan dari kegiatan renang tersebut.
            Keesokan harinya, Jumat tanggal 3 Februari 2012 pukul 13.00 kami kembali melakukan renang kedua, namun renang kedua ini kami lakukan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) dengan harga tiket masuk Rp.12.000/orang. Pada renang kedua ini kami dibagi menjadi 3 tim yang terdiri dari :
Tim 1 : - Diana                      Tim 2 : - Gadung                               Tim 3 : - Army          
-Boim                                      - Epoy                                                 - Clara
- Birong                                  - Cut                                                    - Agus
- Cion                                      - Cuneng                                             - Dadaw
- Chemal                                 - Anwar                                              - Kokom

Pembagian tim ini dilakukan oleh pembimbing agar dapat lebih mudah memberi materi dan juga mengawasi saat kegiatan di kolam renang, dari tiap tim tersebut terdapat satu orang ketua yang diberi tugas untuk melatih anggotanya yang lain dalam penguasaan teknik-teknik berenang. Teknik baru yang kami pelajari adalah watertrappen atau teknik mengapung di air dan duck dive atau menyelam ke dasar permukaan air.
Hari Sabtu tanggal 4 Februari dan hari Selasa tanggal 7 Februari 2012 kami melakukan latihan fisik. Latihan fisik yang kami lakukan pada Mabim Diving ini berfokus pada penguatan otot-otot pada kaki seperti lari dan skiping. Penguatan kekuatan otot kaki dilakukan karena pada kegiatan renang dan diving kekuatan pada kaki menjadi kekuatan yang utama, karena sebagian besar gerakan-gerakan renagatau diving dilakukan oleh kaki dan tangan. Latihan fisik ini memang terasa berat bagi kami, namun itu semua kami lakukan untu peningkatan kualitas fisik kami.
Renang ketiga tanggal 5 februari 2012 hari Minggu, kembali kami melakukan kegiatan latihan renang di Sabuga pukul 09.00.Pada renang ketiga ini kami mulai mulai menggunakan alat alat snorkeling secara satu persatu. memang pada awalnya kami belum bisa dan tidak biasa menggunakan alat-alat snorkel seperti masker,snorkel dan fins. Namun lama kelamaan kami mulai dapat membiasakan menggunakan alat-alat tersebut.
Materi kedua tanggal 6 Februari, seperti materi pertama kami berkumpul di secretariat Bramatala UTama pukul 18.30. Pada materi kedua ini kami mempelajari mengenai :
-Karakteristik Pantai                                                             - Jenis-jenis Pantai
- Jenis terumbu karang                                                         - Manfaat terumbu karang
- Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat (PPGD)       - Pemetaan
            Renang terakhir kami lakukan hari Rabu tanggal 8 Februari 2012  di Gelanggang Renang UPI seperti pada latihan pertama. Pada latihan terakhir ini kami semua mempraktekan materi-materi atau teknik-teknik berenang dari pertama latihan renang hingga latihan renang keempat ini. Renang keempat ini kami merasakan perubahan dalam berenang , kami bisa melakukan teknik-teknik dalam penyelaman atau diving. Dan yang semula ada yang tidak bisa berenang kini menjadi bisa.
            Esok harinya tanggal 9 februari 2012 Mabim Diving angkatan Arka Wana berakhir sudah. Pukul 18.30 di second home kami melakukan evaluasi besar untuk Mabim diving ini. Meskipun Mabim diving kali ini kami tidak pergi ke lapangan karena terkendala waktu dan kondisi, kami para arkawana-arkawati tetap semangat mengikuti Mabim Diving ini hingga berakhir…
ARKA WANA


















BRAMATALA XXIX

Tidak ada komentar: