Rabu, 28 Maret 2012

MASA BIMBINGAN GUNUNG HUTAN ARKA WANA

Inilah mabim terakhir kami, Gunung Hutan yang dilaksanakan di Gunung Tilu, Ciwidey-Cipadurum, Bandung Selatan. Pada tanggal 7 Maret mulai dibentuklah tim gunung hutan yang terdiri dari dari :

Ketua : Anwar. K

Pubdok : Assa,Diana

P3k : Clara

Perizinan : Efa

Dengan pembimbing Ka Bery dan Ka Dirgabri.

Sebelum kami ke lapangan, pastilah ada persiapan-persiapan yang harus kami laksanakan sebelum kami pergi ke lapangan. Yaitu harus latihan fisik dan mempelajari materi-materi gunung hutan. Karena materi-materi gunung hutan telah kami pelajari pada saat akan menjadi calon siswa, kami hanya mengulang dan menambah materi-materi yang kurang jelas. Materi kami laksanakan selama 2 kali dalam 2minggu. Latihan fisik pun sama di laksanakan selama 2kali dalam 2minggu. Adapun materi yang dipelajari seperti materi THAB, TPAB,PPGD dan SAR. Dimana tim-lah yang mempresentasikan materi tersebut kepada pembimbing. Dan latihan fisik yang dilaksanakan seperti push-up, pull-up, lari, sprint, jalan bebek, dan back-up. Sama seperti latihan fisik seperti biasanya, tetapi porsinya yang dibedakan dengan mabim-mabim sebelumnya.

Setelah berakhirnya latihan fisik dan materi, tanggal 15 Februari 2012 kami packing dan briefing untuk keberangkatan besok. Tetapi karena dikarenakan besok masih ada hari kuliah, yang ikut hanya 10 orang. Hasil briefingnya adalah kumpul di sekre pukul 16.00wib. tanggal 17 Feb 2012 Kami sudah kumpul disekre pukul 16.00 wib, tetapi dikarenakan ada kendala di transport, kami baru berangkat pukul 17.00 wib. Kami pergi 5 motor dan 1 mobil dan pembimbing. Sampai ke lapangan, basecamp pukul 21.05wib. Kami langsung mendirikan tenda dan masak sampai pukul 22.05. Setelah semuanya beres dilanjutkan dengan briefing. Hasil briefingnya yaitu navigasi. Dengan pergerakan mulai dari pukul 08.40wib.

Tanggal 18 Februari, kami bangun pukul 04.30 wib. Udara yang sangat dingin membuat kami sulit untuk “membuka mata”. Kami pun bangun dan segera masak dan membereskan tenda. Setelah semuanya beres masak dan tenda. Kamipun bersiap-siap untuk memulai pergerakan. Dalam materi navigasi, kami dibagi menjadi dua kelompok yaitu tim satu dan tim dua. Tim satu terdiri dari Dika, Clara, Anwar, Novy, dan Assa dengan didampingi oleh Ka Dirga, Ka Bery, dan Ka Wandico. Tim dua terdiri dari Kemal, Epoy, Anti, Diana, dan Boim dengan didampingi oleh Ka Aji, Ka Ical, dan Ka Ady. Tim satu dan tim dua melakukan navigasi melewati jalur yang berbeda tetapi satu tujuan. Pergerakan menghabiskan waktu 8jam. Setiap tim samapai pada puncak yang berbeda. Dikarenakan adanya misscommunication antara tim satu dan tim dua, kami pun tidak bertemu. Kami memutuskan untuk kembali ke basecamp. Kita tiba dibasecamp sampai pukul 17.30 wib. Lalu masak dan membangun tenda. Setelah makan, dilanjutkan dengan evaluasi dan briefing. Setelah Eb kamipun istirahat melepas lelah.

Udara yang dingin, hujan yang lumayan deras dan lelahnya setelah beraktivitas, membuat kami cepat memejamkan mata. Pukul 06.00 kami semua bangun, lalu masak dan beres-beres. Tanggal 19 Maret 2012, kami tidak ada kegiatan, hanya ada sedikit materi dari tim AW yaitu Anti. Ia memberikan materi PPGD. Beres selasai materi dan beres-beres basecmap pukul 10.35 wib. Setelah beres-beres basecamp kami pun pulang ke Bandung. Sampai di Bandung pukul 14.00wib, dilanjutkan briefing. Hasil dari briefing yaitu tanggal 20 Februari 2012 cuci logistik dan tanggal 21 Februari akan diadakan evaluasi besar. Kegiatan mabim gunung hutan telah selasai. Tetapi perjuangan dan ilmu kami tidak berakhir sampai disini. Perjalanan masih panjang. Hasta La Muerte ~