Kamis, 31 Oktober 2013

SEMINAR TRAINING 'SCIENTIFIC KARST EXPLORATION' ke-2



 
Kegiatan seminar dan training ini diadakan oleh MAPALA LAWALATA Institut Pertanian Bogor (IPB) dari tanggal 18-21 september 2013 dengan diwakili oleh Diana NH /AW122906-B dari BRAMATALA-UTama. Dalam kegiatan ini seminar yang bertemakan ilmiah ini diikuti oleh para perwakilan Mapala Tingkat Nasional yang terjauh datang dari  Kalimantan.
Kegiatan ini diisi oleh seminar-seminar dengan pemateri berasal dari Badan Geologi, Dirjen PHKA, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Dr. Eko Haryono MSi, Prof. Dr. Yayuk Rahayuningsih S, Dr.Ir. Arzyana Sunkar, MSc, Gunretno (JMPPK), IGG Maha Adi (Direktur SIEJ). Dengan materi-materi yang disampaikan mengandung unsur ilmiah yang mendalam sehingga kami mendapatkan ilmu dan wawasan baru dalam ilmu caving dan kawasan karst.
Adapun materi-materi yang diberikan seperti; Potensi dan Sebaran Kawasan Karst Indonesia, Wisata Alam Karst, Kebijakan Pengelolaan Kawasan Karst di Indonesia, Pengantar Geomorfologi dan Hidrologi Karst, Keanekaragaman Fauna Gua Indonesia, Manajemen Kawasan Karst dan pola pemanfaatannya di Kawasan Konservasi, Lesson Learn Pengelolaan Kawasan Karst Sukolilo, JurnalistikLingkungan.



Selanjutnya materi dibagi menjadi 3 kelas yaitu Hidrologi, Biodiversitas, dan Pengembangan Wisata Karst. Yang diambil oleh kami yaitu kelas Pengembangan Wisata Karst. Dalam materi ini kami mendapatkan wawasan kembali tentang bagaimana Pengembangan Wisata Karst, videografi gua, Pemetaan gua, dan Fotografi gua. Materi-materi dalam pengembangan wisata gua lebih mengarah pada bagaimana kita bisa mengembangkan kawasan karst gua menjadi tempat wisata gua serta hal-hal yang bisa dikembangkan di dalamnya dan manfaat-manfaat bagi kelangsungan hidup mahluk
hidupnya.
Selain itu yang bisa di dapat adalah fotografi gua dengan teknik-teknik yang diberikan sehingga menghasilkan foto-foto di dalam gua yang memuaskan. Intinya pada fotografi gua dibutuhkan kamera yang mendukung serta flashman dan alat bantu flash serta tripod. Intinya pencahayaan yang memadai agar hasilnya berkualitas.




 

Setelah seminar dengan materi-materi yang diberikan selanjutnya kami bergegas menuju kawasan karst gudawang yang berada di daerah Bogor untuk pelatihan dan praktik lapangan dari materi yang telah diberikan sesuai kelas masing-masing…
Banyak hal yang didapat dari seminar dan training karst ini.. dari mulai hal-hal yang biasa kami dapatkan sampai ke arah ilmiah yang tidak biasa kami dapatkan selain hanya untuk penelitian-penelitian.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

DI ospek ada yang meninggal lagi nanti... Pidanain aj ini anggotanya

PEMBURU DEWI MALAM mengatakan...

mas bro "Anonim" yg di atas... PUNTEN,,di jaga etika postingan nya ....terima kasih

Unknown mengatakan...

Mas bro apakah dari ada kontak atau email yang dapat informasi Dari pengurus himpala nasional