Rabu, 09 September 2009

Lomba Orienteering

Lomba Orienteering, Solo 2009
Dalam lomba orienteering yang dilaksanakan di Solo, BRAMATALA mengutus 1 tim putri yaitu Eka dan Chintya untuk mengikuti lomba orienteering tingkat nasional yang diadakan oleh BRAHMAHARDIKA MAPALA FKIP UNS. Dengan persiapan latihan fisik, juga dibekali pengetahuan peta kompas yang memadai, maka tim berangkat tanggal 14 Agustus 2009 menuju Solo yang dimana lombanya diadakan pada tanggal 15 s/d 16 Agustus 2009.
Lomba dimulai dengan 19 tim putri dan 39 tim putra. Sungguh membingungkan memang diawal lomba, karena tim kami baru pertama kali mengikuti lomba tersebut, banyak hal yang kita tidak ketahui, namun dengan berjalannya waktu, kita dapat belajar dengan sendirinya. Untuk para Mounteners sejati, tidak ada ruginya untuk mengikuti lomba orienteering, ada beberapa tips bagi kawan-kawan yang pertamakali mengikuti lomba :
1. Persiapkan fisik yang prima, karena dalam lomba dituntut untuk bergerak cepat untuk mendapatkan point sebanyak-banyaknya.
2. Dapat menggunakan dan membaca peta dengan baik, benar dan tepat.
3. Perhatikan benar peraturan dan tata tertib yang telah dibuat oleh panitia, dianjurkan untuk mengikuti Technical Meeting, catatan jangan terpengaruhi oleh susunan acara tapi fokus pada waktu perlombaan yang sudah disetting oleh panitia, jika tidak maka bisa kena diskualifikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

4. Pakailah pakaian yang senyaman mungkin, sepatu yang pas sesuai dengan medan yang akan ditempuh, kalau medannya perkampungan dianjurkan memakai sepatu sport yang bagian bawahnya bergerigi, hal tersebut dilakukan supaya kita bisa berjalan dan berlari dengan nyaman tanpa melukai kaki kita dan dapat melintasi area lomba tersebut.
Kira- kira begitulah tips-tips yang bisa kita sampaikan, semoga bisa bermanfaat. So…, kepada para penggiat alam sejati, terutama dibidang orienteering tidak ada salahnya mencoba untuk mengikuti lomba orienteering.


Tidak ada komentar: