Jumat, 30 Oktober 2009

Try out Tim Fepping Celebes

TEBING PARANG
(Try Out to Bambapuang)

Pada tangal 24 juni 2009 jam 16.00WIB sore bertempat didaerah kabupaten purwakarta ,jawa barat lebih tepatnya di kampung cihuni desa sukamulya, TEBING PARANG tim tiba di sana dengan selamat ,tim yang berangotakan 3 orang ( wili LB, Irwan CJ, dan Ucup CJ) dan satu orang pendamping (Adi Kuya TP) tiba di sana dengan menaiki angkot (mobil kijang) yang biasa di pakai penduduk setempat sebagai alat transportasi untuk berhubungan dengan daerah lain . Setelah tiba disana tim melakukan misi pertama yaitu Sosped dengan penduduk setempat, menurut informasi yang kami dapat di sana terdapat 5 RW dan 17 RT dengan jumlah penduduk kurang lebih 1000 jiwa dan mayoritas penduduk di sana berkerja sebagai petani ,pengembala ,dan pekerja proyek . Rata-rata usia penduduk di sana antara umur 40 tahun ke atas karena anak muda di sana lebih senang berkerja keluar desa. Setelah berbincang-bincang dengan warga disana tim akhirnya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan akan tetapi karna ada halangan sehingga tim memutuskan untuk menginap di rumah warga karena menurut warga di sana batuan ditebing parang itu sudah banyak yg lapuk jadi untuk menjaga keamanan kami tidak jadi membuat basecamp di sana.

Kesokan harinya setelah bagun dan makan tim siap melakukan pemanjatan Artifisial dengan berjalan kaki kira- kira 15 menit untuk sampai di bawah tebing dan setelah sampai di sana tim berjumpa dengan pemanjat lain sehinga tim harus berbagi jalur dengan mereka di karena akan di mulai dengan ketingian 500 mdpl kami siap melakukan pemanjatan memakai jalur sebelah kiri di tower 3. Menurut tim jalur yg kami daki lumayan sulit karena di sana susah untuk mencari pengaman semua pengaman jauh berjarak 5 meteran. Ditebing Parang sulit untuk mencari pengaman maka banyak pemanjat yang memasang hanger sebagai pengaman dan untuk mencari pegangan tidak semudah yg kita bayangkan karena di sana kebanyakan slab dan kemiringan tebing kurang lebih 800 jadi kami harus merayap untuk mencari pengaman , untuk hari pertama pemanjatan tim mencapai ketingian 580 mdpl dengan membuat 3 pitch.

Tim mulai bangun jam 06.30 wili and ucup mempersiapkan logistic sedangkan irwan masak. Pukul 08.00 tim mulai berangkat menuju tebing dan yang menjadi leader wili, ucup sebagai cleaner sedangkan acil mendirikan flyset, masak air and jaga tali. Di tengah pemanjatan wili tidak punya cukup keberanian untuk menjadi leader sehingga di ambil keputusan ucup sebagai leader and wili cleaner. Hari ini cuma bertambah satu tambatan dan mulai turun jam empat dengan ketinggian 611 mdpl tapi pada waktu turun terjadi insiden Tali Caramantel yang di bawa wili kebelit sehingga pada hari itu terjadi keterlambatan waktu turun, wili and ucup sampai ke bawah jam sebelas malam sehingga kami sampai ke bescamp jam 12 malam.

Hari keempat tim mulai bangun seperti yang telah di breafingin jam 06.30 dan seperti biasa tim mulai berangkat jam 08.00 menuju tebing. Mulai pemanjatan jam 10.00 yang menjadi leader acil and wili cleaner, ucup mendirikan flysit mask air and jaga tali di bawah. Pukul 14.00 wib kami mulai turun dengan ketinggian 652 mdpl. Sesampainya dibawah kami memulai pemanjatan jalur sport hingga pukul 18.00 wib yang kemudian dilanjutin dengan istirahat.

Esok harinya kami pun memulai perjalanan menuju kampus. Beres sudah kegiatan try out pemanjatan kita dengan melakukan pemanjatan Artifisial setinggi ± 150 m dan pemanjatan jalur sport. Semoga hasil try out ini dapat membawa kami ke Tebing Bambapuang, Enrekang-Sulsel. I’m comeback sekre...................