Selasa, 10 Januari 2012

PENDAKIAN Gunung Gede-Pangrango

Kami BRAMATALA-UTAMA memang setiap akhir tahun selalu mengadakan Pendakian , nah kali ini kita Melakukan pendakian G.Gede-pangrango yang mengikuti acara ini yaitu 18 orang ,15 dari anggota Bramatala itu sendiri dan 3 orang dari luar ,anggota yang mengikuti acara ini yaitu , M.yusuf(Ketua DP), azi (Diklat), Dirga(Bendahara),indra(sekertaris),gita,adi nugroho,Mardika,okky,Venta,clara,Kutil,cemal,dadau,gadung ,ini semua anggota BRAMATALA ,nah ini dia sodara kami dari luar juga yang mengikuti acra kami yaitu bang ipal,bang ateng,dan mas surya.

Beberapa hari sebelum keberangkatan kami selalu melakukan breffing untuk mempersiapkan keberangakatan ,dari breffing pembagian tugas,breffing teknis keberangkatan ,dll.semua itu perlu ,selain untuk mengejar target ,breffing juga supaya perjalanan kita lebih disiplin .3 hari sebelum nya kita sudah packing untuk keberangkatan ,logistik-logistik yang perlu kami bawa, dan kami butuhkan di sana.

Nah , langsung aja ke hari kita berangkat 26 Desember 2011, 2 orang dari kita pergi duluan menuju cibodas untuk tim pendahulu perijinan (aji & adi) , karena di g.gede-pangrango sangat ketat,dan displin untuk mendaki ke sana.jam 14.00 kita sudah berkumpul untuk bersiap-siap ,selain anggota yang ikut anggota lainnya pun hadir untuk pelepasan kami ,jam 16.00 kita breffing untuk keberangkatan , setelah kita beres breffing 16.30 kita berangkat dari kampus menuju Terminal leuwi panjang ,karena macet kita baru nyampe terminal jam 17.20.di lanjutkan perjalanan menuju bogor menggunakan bis sampe ke cibodas pukul 21.35.kita mencari makan malem di warung nasi sekitar situ .setelah makan team transportasi mencari kendaraan yang akan mengangkut kita menuju kaki G.putri,awal nya kita mau menggunakan angkot tapi sayangnya harga angkot terlalu mahal dan terpaksa kami memncari kendaraan lain,dan akhirnya kita memberhentikan mobil kolbak ,dan kami berhasil meloby supir itu dengan harga murah .kami berangkat menuju kaki.G.putri pukul 23.10 dan sampai pukul 23.45 dengan ongkos hanya 50.000 rupiah saja.

Sesudah sampai ke kaki.G.putri kami mencari lapak kosong yaitu teras” rumah warga yang kami manfaatkan untuk menyimpan logostik kami dan tempat istirahat pertama kami.setelah dapat kami breffing untuk besok keberangkatan pendakian ke Surya kencana melalui jalur g.putri. setelah brifing kami langsung istirahat untuk mempersiapkan keberangkatan besok. Pagi pun tiba, kami lalu bangun dan mempersiapkan perjalanan, sebelum mendaki kami menunggu tim advance (azie,adi item) karna mereka sedang mengurus perijinan di cibodas, namun karna perijinan di cibodas ada sedikit kendala jadi perjalanan kami sedikit terhambat, setelah beberapa jam kami mengunggu tim advance akhirnya mereka berdua sampai juga di kaki bukit gunung putri, dan kami semua langsung bergegas memakai cariel masing-masing menuju pos pertama di kaki gunung putri untuk melapor berapa orang yang akan mendaki dan kami pun menerima intruksi dan aturan-aturan yang tidak boleh di bawa pendakian gunung gede pangrango, seperti pasta gigi,sabun,dan barang-barang yang menimbulkan pencemaran bagi keasrian alam, serta kami pun di arahkan untuk tidak menebang pohon dan membuat atau menyalakan api di gunung gede pangrango.setelah menerima instruksi, akhirnya pukul 12.15 wib kami berangkat dari pos GPO menuju surya kencana. Ditengah perjalanan sekitar pukul 15.00 wib kami beristirahat di selter yang tidak terlalu luas. Tidak berapa lama kami istirahat kami pun melanjutkan perjalanan kembali, jarak tempuh perjalanan dari pos GPO sekitar 7 jam sampai surya kencana. Sampai di surya kencana pukul 19.00 wib kami langsung mendirikan tenda dan langsung masak untuk makan malam. Setelah beres masak dan makan kami pun langsung briefing untuk perjalanan keesokan harinya, karena suhu di tempat kami ngecamp sangat dingin yaitu suhu mencapai 15 ° c tidak lama habis briefing kami langsung masuk ke tenda masing-masing untuk beristirahat. Berhubung hujan sangat deras dan seharusnya kami bangun jam setenga 5 subuh untuk mengejar sunrise jadi kami semua bangun tidak sesuai briefing yang sudah di tentukan. Akhirnya kami bangun jam 6.45 wib, kemudian kami melanjutkan packing. Jam 9.28 kami pun langsung berangkat menuju puncak dan jam 9.50 kami pun sampai di puncak.jalur yang kami lalui ketika tadi menuju puncak melewati jalur air yg lumayan terjal.setibanya kami di puncak G.gede kami pun berteriak karena keindahan kawahnya , di sana kami mendokumentasikan tim ,dan memasak air untuk menyeduh kopi.

Jam 11.30 kami melanjutkan perjalanan kami menuju Puncak G.pangrango tanpa melewati kandang badak ,jalur yang sangat lumayan terjal ketika turun yang membuat lumayan lelah.di tengah perjalanan menuju puncak kami beristirahat sejenak untuk meluruskan kaki 14.20.kemudian kami melanjutkan perjalanan ,pukul 17.00 kami nyampe puncak G.pangrango.tetapi ketika kita sampe di puncak pemandangan tertutup kabut.hiks hiks hiks...

Suhu di puncak 11°-13°c lumayan sangat dingin,sebagian dari kami ada yang turun menuju mandala wangi untuk mengambil air,sumber air di sana sangat bersih dan jernih,ketika kami di mandala wangi angin sangat besar kebetulan sewaktu saya ke situ tidak ada yang ngecamp di lokasi tersebut dikarenakan badai. Kami di bagi beberapa tim ,ada yang memasak, mendirikan tenda.di malam ini kami tidur tidak terlalu larut dikarenakan gemuruh angin yang sangat besar.

Keesokan hari nya kami bangun jam 8, di lanjutkan masak dan membereskan tenda karena hari ini kami akan pulang. Jam 11.00 kami packing ,dan kita tidak lupa untuk cleaner lokasi takutnya ada barang logistik yg tertinggal/tercecer ini lah kebiasaan kami. Di karenakan belum semua tim turun ke Mandala wangi kami pun turun serempak ke mandala wangi ,semua menikmati pemandangan di sana dan udara yang dingin ,tidak lupa untuk dokumentasi .

Jam 14.00 kami naik lagi ke puncak dan langsung turun menuju kandang badak ,sekitar 1 setengah kami tiba di kandang badak , tak lama kami beristirahat kami melanjutkan perjalanan menuju air panas sekalian untuk bersih-bersih badan , pukul 17.15 kami tiba di air panas dan pukul 17.40 kami melanjutkan perjalanan menuju pos pendakian yaitu di cibodas ,kami melewati di atas air terjun yang air cukup panas ,sekitar 3 jam kami berjalan akhirnya sampe ke pos pendakian , kami beristirahat dan perwakilan kami ada yg melapor tim kami sudah sukses dan beres pendakian 2 puncak dengan keadaan sehat.kami langsung turun ke tempat warung-warung sambil menunggu angkutan yang akan mengantar kita turun ke jalan raya .kami beristirahat sambil ngemil di dpn warung sampai pukul 21.45.

Setelah mobil yang mau mengantarkan kita ke bawah dating kami pun bergegas naik (harus jago nawar ketika mau menaiki angkot ini ). Setibanya di jalan raya kami langsung mencari warung nasi untuk makan malam ,sambil nunggu bis yang mengantarkan kita ke bandung kita beristirahat di warung bu neni , untuk jalur ini memang jarang bis malam menuju bandung , jam 23.55 kami baru mendapatkan bis yang menuju bandung,perjalanan kita ke bandung sekitar 2jam lebih .dari leuwi panjang kami melanjutkan perjalanan menuju kampus menggunakan angkot .
jadi saya sarankan untuk pendakian G.gede-pangrango menggunakan jalur putri membawa air minum dari bawah dikarenakan sumber air hanya ada di Surya kencana yang jarang dari kaki g.putri menuju Surya kencana cukup jauh .Hasta la muerte..

Head lamp

Kau lah yang selalu setia ketika matahari tiada

Kau lah yang sangat setia jika api tak ada

Kau lah yang membantu ku menerangi jalur ketika bulan menghilang

Ketika jantung mu melemah kami bisa menggantikan jantungmu dengan yang baru

Tanpa mu ketika malam datang kami takkan bergerak karena kami tak tau harus kemana

Tetap lah bersamaku ketika gelap datang

By: okky

G.gede-pangrango

Lelah , senang , sedih , kau pun mendengarkan apa yang kami rasakan

Ketika kami lelah, kami tetap berusaha untuk mencapai puncak mu

Ketika kami senang, kami bahagia melihat puncak mu sangat indah

Ketika kami sedih, kami melihatmu banyak sekali sampah-sampah yang berserakan oleh manusia yang tak bertanggung jawab atas yang mereka perbuat

Terimakasih kami selalu mengenang mu , karena di sana ada kenangan yang kami buat.