Jumat, 19 April 2013

GUNUNG HUTAN KOMUNIKASI LAPANGAN at HUTAN BURU KAREUMBI, JAWA BARAT

Mabim Gunung Hutan ya inilah dia,masa-masa mabim terakhir yang mewarnai perjalanan di alam bebas dibantu oleh pendamping-pendamping yang selalu memberi arahan kepada kami yaitu Ka Efa fauziah dan Ka Claudio bastian nicholas.Mabim kali ini bermulai pada saat pembentukan Divisi-divisi yang dibentuk dengan baik yaitu adapun masing-masing dari tiap anggota yaitu: Ketua :Heru wiecaksono,sekretaris : Natalia Novitasari,Sihotang,Bendahara & Danus : Dina & Rida,Logistik : Fahmi Lutfian & Fachrian Nurmana putra,Perizinan dan transport : Lalu muhammad Toufik Hidayat,Konsumsi : Widia & Riza,P3k & Pubdok :Zulhaemi dan Novi Nuraeni.

Mabim Gunung Hutan ini memang bisa dikatakan sangatlah membutuhkan waktu yang singkat namun dibalik itu semua anggota kami tidak lah patah semangat untuk menjalaninya,pada tanggal  16 maret 2013 itulah awal materi mabim dimulai dan latihan fisik yang dilaksanakan pada pukul 15.40 wib.Hari-hari dari latihan fisik tersebut hanya membutuhkan ± 1 minggu untuk melakukan latihan fisik dan persiapan lainnya .anggota dari Harudaya Meru tidk seluruhnya mengikuti kegiatan ini dengan adanya berbgai kendala,oleh sebab itu dipputuskan saya dan heru lah yang mengikuti kegiatan tersebut .Tibalah Hari dimana kami akan berangkat mabim dan pelatihan komunikasi gabungan dengan mapala lain sebandung raya pada tanggal 21 maret 2013 bersama dengan anggota dari Blue Hikers awal renacana kami dari brmatala ingin pergi menggunakan kendaraan pribadi namun ada kendala lain yaitu bahwa rekan kami dari blue hikers belum mendapat tumpangan akhirnya kami mempunyai rencana dengan transport untuk mempererat persaudaraan maka kami mencharter angkot untuk pergi ke kareumbi tersebut pada pukul 20.30 wib,dan selama perjalanan banyak hal yang kami ceritakan kepada rekan-rekan selama perjalanan berlangsung  hingga kami pun tiba di tempat tujuan pada jam 22.30
                   Singkat cerita dari tim tersebut yang berangkat saya Natalia sendiri bersama Heru,pembentukan tim dimulai pada tanggal 22 maret 20013 dengan 3 team besar dan 6 dari tiap- team kelompok kecil didalammnya saya( Natalia) mendapat kan kelompok 1 b dengan nama team Elang,adapun saya bersama Team Elang anggotanya yaitu :Kang Yudi Ardiansyah sebagai Ketua dari team elang,Natalia sebagai sekretaris dalam pencatatan kronologis perjalanan kami juga sebagai Konsumsi bersama Rizki putra,Algi deliar sebagai pencatat deskripsi jalur,Haga muhammad rifa’i dan Mang gele sebagai pencatatan Fauna,dan Rezka medhya bersama kang Jejen mencatat Fauna.Itulah pembentukan team elang.Dari team soang sendiri yaitu Heru team nya yaitu :
Ini adalah gambaran lokasi dimana awal pembagian kelompok
                   Pada pemberangkatan pertama team saya (elang) memulai pada titik koordinat 107áµ’ 54’ 54’’ BT,dan 07̊áµ’ 56’ 59’’ LS dengan penggmbaran deskripsi jalur berawal dari penangkaran rusa Menuju puncak Kahuripan dan Buled sebagai puncak utama,untuk menuju puncak kahuripan membutuhkan waktu ± 3 jam 42 menit tiba di puncakan kahuripan pada jam 19.17 wib dengan melewati 3 punggungan ,3 lembahan dan sudut kemiringan tanjakan yang kami lewati ± 70 hingga  80áµ’ ,sungguh itu membutuhkan waktu yang lamma dalam perjalanan menuju tempat peristirahatan yang bisa dikatakan aman  karena keadaan pada saat itu tidak memungkinkan untuk membuat tempat peristirahatan dengan keadaan sudah gelap ditambah dengan gerimis yang membuat pergerakan melambat.Dari titik start yaitu sekitaran puncak gunung buled menuju desa cigumentong kamipun memulai dari titik koordinat 107áµ’ 55’ 28’’ BT Dan 07áµ’ 56’ 43’’ LS dan kami memulai pada puncakan buled check point 1 .pada perjalanan menuju desa cigumentong membutuhkan waktu yang memang cukup singkat hingga kami dapat tiba di puncak check point 3 tersebut itulah akhir dari pencarian puncak yang kami tuju tersebut.hinngga tiba pada hari minggu tepatnya pada tanggal 24 maret2013 kegiatan berakhir,kami semua pun dari berbagai team dari team besar hingga kecil itu berkumpul pada satu tempat dengan melakukan pengevalusaian besar pada sub-sub bagian dari tiap kelompok yang ada.dan itulah akhir dari kegiatan Latihan gabungan mapala sebandung raya dengan silaturahmi yang baik .pada pagi hari kegiatan yang berlangsung pada check point 3 itu semua masak dan sarapan pagi hingga packing untuk menuju pada tempat awal pertemuan seluruh kelompok dan pembagian dari tiap-tiap logistik team yang dipencar.perjalanan dimulai dari tempat puncakan chek point 3 tersebut bermula pada pukul 11.20 wib.dan beristirahat di desa cigumentong sekaligus berfoto untuk kenangan. Inilah fhoto yang ada.
Dan fhoto perjalanan menuju tempat awal